duniakami.net

Tips & Trick Fotografi

Mengenal Angle Dalam Fotografi

Angle dan komposisi adalah kunci untuk mendapatkan foto yang bagus. Untuk itu kita perlu mengenal angle dalam fotografi

Mengenal Angle Dalam Fotografi Untuk Menguatkan Foto

 

Angle dan komposisi adalah kunci untuk mendapatkan foto yang bagus. Dengan komposisi yang bagus, obyek yang sederhana (atau bahkan sepele) pun bisa disajikan dengan cantik. Sebaliknya, dengan komposisi atau angle yang jelek, obyek yang luar biasa pun akan terlihat nanggung atau kurang pas jika dilihat.

Sebenarnya, angle dan komposisi mengacu ke satu hal yang sama: bagaimana sebuah foto diambil. Angle mengacu pada posisi fotografer dan kamera, arah dari mana foto tersebut diambil. Sedangkan komposisi adalah bagaimana menempatkan elemen garis, cahaya, warna, texture, dalam foto sehingga menghasilkan keseluruhan gambar yang menarik. Angle menentukan komposisi; begitu juga untuk mengubah komposisi diperlukan perubahan angle.

Angle Dalam Fotografi

Secara garis besar, kita bisa mengelompokkan angle foto menjadi lima macam. Angle foto ini akan menghasilkan foto-foto yang berbeda-beda pula. Sebuah subjek bisa menarik dan memperkuat pesan jika difoto dalam angle tertentu, tapi bisa malah melemahkan pada angel foto lainnya. Untuk itu kita perlu mengenal angle dalam fotografi. Nah, apa sajakah angle dalam fotografi?

 

1. Eye view

 Mengenal Angle Dalam Fotografi

Sudut pengambilan ini memberi kesan yang sama dengan cara mata kita melihat terhadap objek. Posisi dan arah kamera memandang objek yang akan diambil layaknya mata kita melihat objek secara biasa. Kamera dan lensa sejajar dengan objek. Pengambilan angle eye view biasanya digunakan untuk mengambil foto potret terhadap manusia, posisi kamera sejajar dengan posisi mata kita sendiri. Terkadang, dalam travel fotografi pengambilan foto untuk mengabadikan aktivitas manusia, tekstur sebuah kota, atau interaksi dengan lingkungan sekitar kebanyakan menggunakan angle ini.

 

2. Low Angle

Mengenal Angle Dalam Fotografi

(sumber : floridassmiles.com)

 

Posisi kamera lebih rendah dari objek foto serta menghadap ke atas dan memberikan kesan kemewahan, kebesaran, atau kekuatan dari sebuah objek. Fotografer menggunakan sudut pengambilan foto ini untuk memotret bangunan agar memberikan kesan yang megah dari bangunan tersebut. Dalam foto komersil sebuah iklan otomotif, sudut ini tak jarang pula digunakan untuk memberikan kesan ketangguhan dari produk mereka. Juga pada sebagaian fotografer memanfaatkan low angle untuk memotret manusia.

 

3. High Angle

Mengenal Angle Dalam Fotografi

Angle ini digunakan untuk menangkap kesan luas dari objek. Dengan high angle kita bisa memasukkan elemen pendukung objek yang akan kita abadikan kedalam frame. Kesan dari penggunaan sudut pengambilan foto ini akan memberikan kesan kecil atas objek foto. Pemanfaatan pengambilan foto dengan high angle juga bisa menghasilkan foto yang berbeda. Misalnya saat mengambil foto keramaian pasar, jalanan, atau lalu lintas di sebuah sungai.

 

4. Bird Eye

Mengenal Angle Dalam Fotografi

(gallery.svetulcho.org)

 

Menggunakan sudut pengambilan ini, sebagai fotografer kita bisa memberikan kesan yang luas dalam foto yang kita hasilkan, ibarat penglihatan seekor burung. Memotret dengan sudut pengambilan ini digunakan untuk membuat foto tentang suatu daerah, perkotaan, atapun menggambarkan lanskap.

 

5. Frog Eye

frog eye view

(sumber : telegraph.co.uk)

 

Memotret dengan angle frog eye, posisi kamera bisa saja sejajar dengan tanah. Hal ini biasanya digunakan untuk memotret objek yang posisinya berada di atas tanah. Sebagian fotografer bersusah payah mengambil foto dengan sudut pengambilan ini, tak jarang pula mereka tiarap untuk menghasilkan foto yang bagus.

 

Bagaimana Memilih Angle Yang Bagus ?

Salah satu bagian terpenting dalam pengambilan foto adalah kemampuan fotografer untuk memilih sudut pengambilan. Istilah yang sering terdengar dikalangan fotografer adalah angle.

Seperti apakah angle yang bagus itu? Angle yang bagus adalah angle yang bisa menyampaikan apa yang Anda ingin sampaikan dengan sebaik-baiknya.

Mungkin terdengar sederhana, tapi ada satu pesan penting yang sering dilupakan orang: bahwa Anda pertama-tama harus tahu dulu apa yang Anda ingin sampaikan. Jadi, langkah pertama adalah: visualisasi.

Beberapa pertanyaan ini bisa membantu mempertimbangkan pemilihan angle untuk mendapatkan komposisi yang memperkuat foto:

  • Dari arah manakah obyek perlu difoto untuk menyampaikan apa yang saya ingin sampaikan?
  • Apa yang sebaiknya digunakan sebagai background atau foreground
  • Background/foreground apa yang memperkuat foto?
  • APakah background/foreground mengkuatkan point of interest atau malah mengganggu POI ?
  • Apakah obyek cukup kontras dengan background?

 

Angle Dalam Fotografi Angle Fotografi Bagaimana Memilih Angle Yang Bagus ? Mengenal Angle Dalam Fotografi
More from Basic Photography

No Responses to “Mengenal Angle Dalam Fotografi”

  1. […] dalam angle tertentu, tapi bisa malah melemahkan pada angel foto lainnya. Untuk itu kita perlu mengenal angle dalam fotografi. Nah, apa sajakah angle dalam […]

Leave a Reply

Back to Top